SARI
Kata Kunci: Prestasi Belajar,
Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial-Ekonomi,
Siswa
Prestasi
belajar mata pelajaran Pengetahuan Sosial-Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Padamara Kabupaten Purbalingga dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik
yang datang dari dalam maupun dari luar diri siswa. Kebenaran argumen ini perlu
dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa
sajakah yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan
sosial-ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padamara Kabupaten
Purbalingga?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial-ekonomi pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padamara Kabupaten Purbalingga.
Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 184 siswa.
Untuk pengambilan sampel digunakan rumus slovin dengan taraf signifikansi 5%
dan didapat sampel 126,027, tetapi untuk tercapainya tujuan penelitian sampel
yang digunakan ditambah menjadi sebesar 130 responden. Variabel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah variabel hasil eksplorasi yang akan diteliti
seluruhan hubungan interdependent antar variabel-variabelnya. Alat pengumpulan
data yang digunakan adalah angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan tehnik
analisis faktor.
Hasil
penelitian menunjukan bahwa terdapat 7 (tujuh) faktor prestasi belajar yang
terbentuk, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut: (1) factor suasana
kelas dan guru, (2) faktor sarana belajar, (3) faktor metode belajar, (4) faktor
motivasi, (5) faktor minat siswa, (6) faktor lingkungan tempat tinggal dan (7)
faktor keaktifan siswa. Faktor yang memberi kontribusi paling besar adalah faktor
suasana kelas dan faktor guru yaitu sebasar 28,66%, kontribusi terkecil diberikan
oleh faktor keaktifan siswa yaitu sebesar 5,26% dari keseluruhan kontribusi
yang diberikan oleh seluruh faktor yang besarnya 75,47%.
Saran
yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Perlunya meningkatkan suasana
yang nyaman, tenang, dan kondusif sehingga proses belajar mengajar dapat
berjalan dengan tenang, (2) Perlunya ditingkatkannya metode pembelajaran yang
tepat sehingga tingkat kebosanan siswa terhadap pelajaran tidak berlarut-larut
dan cepat teratasi, (3) Perlunya ditingkatkan keaktifan siswa dalam bertanya
kepada guru jika menemukan hal-hal yang kurang jelas dan (4) Menyontek adalah
salah satu perbuatan yang kurang baik, sebaiknya kebiasaan siswa dalam
menyontek secepatnya ditanggulangi.
Selengkapnya download DISINI
0 komentar:
Posting Komentar