Pages

Subscribe:

Selasa, 15 November 2016

Pemanfaatan Media Ular Tangga Termokimia Yang Dikombinasikan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PPT (Peningkatan Prestasi Tim) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 3 Pekalongan

ABSTRAK

Kata Kunci : Ular Tangga Termokimia, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PPT, Hasil Belajar
Pembelajaran kimia pokok bahasan termokimia merupakan pokok bahasan yang masih dianggap sulit oleh beberapa siswa. Kondisi ini memerlukan penggunaan variasi mengajar yang menarik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar kognitif siswa yang diajar pokok bahasan termokimia menggunakan media ular tangga termokimia yang dikombinasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe PPT terjadi peningkatan yang signifikan serta siswa dapat mencapai ketuntasan belajar untuk pokok bahasan termokimia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif siswa yang diajar pokok bahasan termokimia menggunakan media ular tangga termokimia yang dikombinasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe PPT terjadi peningkatan yang signifikan serta siswa dapat mencapai ketuntasan belajar untuk pokok bahasan termokimia. Sampel dipilih secara cluster random sampling, diperoleh siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 37 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol 36 siswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dokumentasi dan tes.
Hasil analisa data diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 71,8, sedangkan kelas kontrol 66,2, sehingga kedua kelas mencapai ketuntasan. Selain itu, terlihat adanya perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang diajar dengan media ular tangga termokimia yang dikombinasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe PPT dan kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah Jdata pada uji tanda Wicoxon adalah 104 lebih besar dari Jbatas (89). Jdata merupakan jumlah rank terkecil (rank negatif). Jumlah rank positif yang lebih besar menandakan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media ular tangga termokimia yang dikombinasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe PPT meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yang diajar pokok bahasan termokimia serta siswa dapat mencapai ketuntasan belajar untuk pokok bahasan termokimia. Hasil penelitian hanya bisa digunakan untuk sekolah tertentu yang mempunyai kelas kecil.

Saran yang dapat diberikan yaitu: Sebelum penelitian perlu dicermati dengan teliti populasi yang akan diteliti, sehingga sampel benar-benar homogen bukan hanya dari sisi akademik tetapi juga sisi kondisi kelas. Ular tangga termokimia perlu dikembangkan lagi baik dari bentuk, aturan, permainan dan soal-soalnya. Guru hendaknya lebih kreatif dalam menyampaikan pelajaran sehingga dengan kondisi kelas seperti apapun pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Sebaiknya permainan ular tangga termokimia dilakukan di luar jam pelajaran.

Selengkapnya download DISINI

0 komentar:

Posting Komentar