Kata Kunci : Prestasi
belajar, Direct Instruction, bangun ruang.
Matematika
merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memberikan peranan penting dalam
kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataanya matematika justru dianggap
sebagai momok yang sangat menakutkan bagi siswa. Berawal dari permasalahan itu
maka perlu adanya perubahan dalam pembelajaran sehingga asumsi buruk tentang
matematika sedikit demi sedikit akan hilang. Salah satunya yaitu dengan
menerapkan pembelajaran langsung (Direct
Instruction).
Salah
satu metode pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan prestasi belajar siswa
adalah model pembelajaran langsung (Direct
Instruction). Pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa kelas
IV SDIT At Taqwa karena dalam pembelajaran ini menggunakan alat bantu peraga
matematika yaitu jaring-jaring bangun ruang balok dan kubus serta adannya kuis
dan hadiah menarik yang membuat siswa menjadi semangat untuk belajar menjadi
yang terbaik.
Rumusan
masalah dari model pembelajaran langsung (Direct
Instruction) ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) untuk meningkatkan
prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas IV SDIT At Taqwa.
Penerapan
model pembelajaran ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mengembangkan
penguasaan ketrampilan siswa yang sederhana dan kompleks, (2) Supaya siswa bisa
memahami materi-materi yang diajarkan oleh gurunya dengan jelas, (3) Mengetahui
peningkatan prestasi belajar siswa terhadap pokok bahasan bangun ruang balok
dan kubus. Setelah di terapkannya model pembelajaran langsung (Direct Instruction).
Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat alami dan nyata. Penelitian
ini dalaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus dibagi menjadi
dua kali pertemuan. Dalam satu siklus ada empat tahap yaitu: (1) Perencanaan,
(2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Prosedur pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,, wawancara
dan test. Metode observasi diperoleh data untuk mengamati sejauh mana model
pembelajaran langsung (Direct Instruction)
diterapkan selama penelitian. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui
pengetahuan siswa dan untuk interaksi antar guru dan siswa selama pembelajaran
dengan model Direct Instruction. Dari
metode test dapat diperoleh data yang berupa nilai belajar siswa dan untuk
selanjutnya digunakan untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa dalam materi
bangun ruang,, sehingga dari nilai tersebut dapat dilihat prestasi belajarnya.
Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang
bersikap deskriptif. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan dalam
penelitian ini adalah : (1) Persiapan penelitian, (2) Membuat perencanaan
penelitian, (3) Instrumen penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran langsung (Direct Instraction)
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan langkah-langkah pembelajaran
sebagai berikut: (1) Tahap awal, appersepsi dan motivasi, (2) Tahap inti, guru
melakukan demonstrasi dengan benar, menyajikannya setahap demi setahap dan
mengadakan permainan kuis, (3) Tahap akhir, penegasan hasil belajar dan
postest. Peningkatan prestasi belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya
nilai siswa mulai dari test awal pra tindakan dengan skor nilai rata-rata siswa
53,76 % dan setelah adanya model pembelajaran langsung rata-rata siswa mencapai
74,70 % untuk test siklus I dan 81,76 % untuk test siklus II. Sehingga sesuai
dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa
prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas IV SDIT At Taqwa akan bisa
meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran langsung (Direct Instruction).
Selengkapnya download DISINI
0 komentar:
Posting Komentar