Pages

Subscribe:

Senin, 21 November 2016

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Dengan Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) Pada Siswa Kelas IV SDIT At Taqwa Dono Sendang Tahun Pelajaran 2007-2008. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Tulungagung.

Kata Kunci : Prestasi belajar, Direct Instruction, bangun ruang.

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memberikan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataanya matematika justru dianggap sebagai momok yang sangat menakutkan bagi siswa. Berawal dari permasalahan itu maka perlu adanya perubahan dalam pembelajaran sehingga asumsi buruk tentang matematika sedikit demi sedikit akan hilang. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran langsung (Direct Instruction).
Salah satu metode pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan prestasi belajar siswa adalah model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa kelas IV SDIT At Taqwa karena dalam pembelajaran ini menggunakan alat bantu peraga matematika yaitu jaring-jaring bangun ruang balok dan kubus serta adannya kuis dan hadiah menarik yang membuat siswa menjadi semangat untuk belajar menjadi yang terbaik.
Rumusan masalah dari model pembelajaran langsung (Direct Instruction) ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) untuk meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas IV SDIT At Taqwa.
Penerapan model pembelajaran ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mengembangkan penguasaan ketrampilan siswa yang sederhana dan kompleks, (2) Supaya siswa bisa memahami materi-materi yang diajarkan oleh gurunya dengan jelas, (3) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa terhadap pokok bahasan bangun ruang balok dan kubus. Setelah di terapkannya model pembelajaran langsung (Direct Instruction).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat alami dan nyata. Penelitian ini dalaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus dibagi menjadi dua kali pertemuan. Dalam satu siklus ada empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,, wawancara dan test. Metode observasi diperoleh data untuk mengamati sejauh mana model pembelajaran langsung (Direct Instruction) diterapkan selama penelitian. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui pengetahuan siswa dan untuk interaksi antar guru dan siswa selama pembelajaran dengan model Direct Instruction. Dari metode test dapat diperoleh data yang berupa nilai belajar siswa dan untuk selanjutnya digunakan untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa dalam materi bangun ruang,, sehingga dari nilai tersebut dapat dilihat prestasi belajarnya.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang bersikap deskriptif. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) Persiapan penelitian, (2) Membuat perencanaan penelitian, (3) Instrumen penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instraction) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Tahap awal, appersepsi dan motivasi, (2) Tahap inti, guru melakukan demonstrasi dengan benar, menyajikannya setahap demi setahap dan mengadakan permainan kuis, (3) Tahap akhir, penegasan hasil belajar dan postest. Peningkatan prestasi belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari test awal pra tindakan dengan skor nilai rata-rata siswa 53,76 % dan setelah adanya model pembelajaran langsung rata-rata siswa mencapai 74,70 % untuk test siklus I dan 81,76 % untuk test siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa prestasi belajar bangun ruang pada siswa kelas IV SDIT At Taqwa akan bisa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran langsung (Direct Instruction).

Selengkapnya download DISINI

0 komentar:

Posting Komentar