Pages

Subscribe:

Sabtu, 05 November 2016

Pengaruh Penerapan Model E-Learning Berbasis CD Modul Pembelajaran Matematika Dengan Joomla Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP Islam Durenan.

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah membuat tingkat ketuntasan belajar siswa masih rendah. Itu disebabkan, metode pembelajaran dan modul pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga pembelajarannya kurang menarik, akhirnya siswa merasa bosan. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah menerapkan model e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan joomla. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Islam Durenan, Trenggalek.
Permasalahan (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII ?(2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap peningkatan hasil belajar matematika?
Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Sumber data dalam Penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas VIII B SMP Islam Durenan. Metode pengumpulan data (1) Tes, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik atau metode statistik, yaitu Paired Sample t-test (Uji t untuk sampel yang berpasangan) dengn SPSS 16.
Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap peningkatan hasil belajar matematika.

Hasil Penelitian Penerapan model e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap hasil belajar matematika kelas VIII B di SMP Islam Durenan sangat membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan model e-learning ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang abstrak dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu media komputer dengan model e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika berupa software halaman web yang berisi materi pelajaran, kumpulan buku, soal-soal latihan matematika, permainan matematika berupa halaman html dengan gambar, grafik, dan warna yang menarik, yang dibuat secara khusus untuk membantu proses pembelajaran matematika, sehingga mampu membuat mata pelajaran matematika yang dianggab sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta mampu dengan mudah diterima siswa. Sehingga Ada pengaruh penerapan model ­e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII B di SMP Islam Durenan, yaitu berdasarkan hasil analisa data terdapat perbedaan nilai rata-rata antara tes awal (sebelum diberikan treatment) dan tes akhir (sesudah diberikan treatment). Nilai rata-rata prestasi belajar metematika sebelum treatment (pretest) siswa sebesar 19,85 dan sesudah treatment (posttest) sebesar 31,51. Disamping itu, sesuai dengan perhitungan program SPSS 16 yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berpasangan. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,000 < 0,025 atau t table = 2,02 < t hitung = 7,060, sedangkan hasil perhitungan dengan rumus atau secara manual menunjukkan bahwa tt (5% = 2,02) < te (5,015) dan tt (1% = 2,70) < te (5,015). Ini berarti nilai t empirik/t hitung lebih besar dari nilai t teorik/t table baik pada taraf 5% maupun 1%. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Selengkapnya download DISINI

0 komentar:

Posting Komentar