Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Kurang
maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah membuat tingkat
ketuntasan belajar siswa masih rendah. Itu disebabkan, metode pembelajaran dan
modul pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga
pembelajarannya kurang menarik, akhirnya siswa merasa bosan. Salah satu solusi
untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah menerapkan model e-learning
berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan joomla. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Islam Durenan,
Trenggalek.
Permasalahan (1) Bagaimana penerapan model
pembelajaran e-learning berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan
Joomla terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII ?(2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran e-learning
berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap
peningkatan hasil belajar matematika?
Pola penelitian dalam penelitian ini adalah
penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Sumber data dalam
Penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas VIII B SMP Islam Durenan. Metode
pengumpulan data (1) Tes, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik atau metode
statistik, yaitu Paired Sample t-test (Uji t untuk sampel yang
berpasangan) dengn SPSS 16.
Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui
penerapan model pembelajaran e-learning berbasis CD modul pembelajaran
matematika dengan Joomla terhadap hasil belajar matematika pada siswa
kelas VIII (2) Untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran e-learning berbasis CD modul pembelajaran
matematika dengan Joomla terhadap peningkatan hasil belajar matematika.
Hasil Penelitian Penerapan model e-learning
berbasis CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap hasil
belajar matematika kelas VIII B di SMP Islam Durenan sangat membantu siswa
dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan model e-learning
ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang abstrak dalam
pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran
matematika yaitu media komputer dengan model e-learning berbasis CD
modul pembelajaran matematika berupa software halaman web yang berisi materi
pelajaran, kumpulan buku, soal-soal latihan matematika, permainan
matematika berupa halaman html dengan gambar, grafik, dan warna yang
menarik, yang dibuat secara khusus untuk membantu proses pembelajaran
matematika, sehingga mampu membuat mata pelajaran matematika yang dianggab
sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta mampu dengan
mudah diterima siswa. Sehingga Ada pengaruh penerapan model e-learning berbasis
CD modul pembelajaran matematika dengan Joomla terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII B di SMP Islam Durenan, yaitu berdasarkan hasil
analisa data terdapat perbedaan nilai rata-rata antara tes awal (sebelum
diberikan treatment) dan tes akhir (sesudah diberikan treatment). Nilai
rata-rata prestasi belajar metematika sebelum treatment (pretest) siswa
sebesar 19,85 dan sesudah treatment (posttest) sebesar 31,51. Disamping
itu, sesuai dengan perhitungan program SPSS 16 yang menggunakan analisis Uji t
untuk sampel yang berpasangan. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa
nilai Sig = 0,000 < 0,025 atau t table = 2,02 <
t hitung = 7,060, sedangkan hasil perhitungan dengan rumus atau secara manual
menunjukkan bahwa tt (5% = 2,02) < te (5,015)
dan tt (1% = 2,70) < te (5,015). Ini berarti nilai t
empirik/t hitung lebih besar dari nilai t teorik/t table baik pada taraf 5%
maupun 1%. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak
dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Selengkapnya download DISINI
0 komentar:
Posting Komentar