Pages

Subscribe:

Selasa, 01 November 2016

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SURUHANKIDUL II KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2007/2008

A.  Latar Belakang Masalah

            Dalam pasal 1 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa “Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik segera aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak ilmu, serta keterampilan yang diperlukan dirinya di dalam masyarakat, bangsa, dan negara”.
            Dari uraian di atas dapat disimpukan bahwa pendidikan akan berjalan dengan baik apabila strategi pembelajaran yang digunakan efektif dan peserta didik aktif. Strategi pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mendekatkan siswa dengan kehidupan sehari-hari, sehingga apa yang dipelajari siswa akan lebih bermakna. Untuk itulah maka pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menjadi pilihan yang paling tepat.
            Dalam bidang studi Matematika antara satu dengan yang lainnya saling terkait, di samping itu dalam penguasaan pokok bahasan diperlukan dasar yang kuat untuk menyesuaikan sehingga tujuan pembelajaran tersebut tercapai. Dari hasil observasi, di Sekolah Dasar Negeri Suruhankidul II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tepatnya di kelas III, didapati siswa yang ramai dan bermain dengan teman sebangkunya ketika guru menyampaikan materi pecahan. Apabila siswa tidak antusias dalam menerima materi, maka upaya peningkatan prestasi belajar Matematika sulit untuk diwujudkan. Materi tidak dapat disampaikan sesuai harapan. Hal ini disebabkan karena siswa tidak menyukai mata pelajaran tersebut, siswa tidak memahami apa yang dijelaskan oleh guru, dan metode penyampaian materi yang kurang tepat. Dari permasalahan di atas guru berusaha memperbaiki metode penyampaian yang kurang tepat dengan teknik pendekatan Contextual Teaching and Learning  (CTL).

            Bertitik tolak dari alasan yang telah diuraikan di atas, maka peneliti merasa tertarik untuk meneliti kebenarannya dengan mengadakan penelitian ilmiah dengan judul “Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)  untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suruhankidul II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2007/2008.

Selengkapnya diownload di SINI

0 komentar:

Posting Komentar