A. Latar Belakang Masalah
Dalam pasal 1 ayat 1
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
menyebutkan bahwa “Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik segera
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak ilmu, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya di dalam masyarakat, bangsa, dan negara”.
Dari uraian di atas dapat disimpukan
bahwa pendidikan akan berjalan dengan baik apabila strategi pembelajaran yang
digunakan efektif dan peserta didik aktif. Strategi pembelajaran yang efektif
adalah pembelajaran yang mendekatkan siswa dengan kehidupan sehari-hari,
sehingga apa yang dipelajari siswa akan lebih bermakna. Untuk itulah maka
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menjadi pilihan
yang paling tepat.
Dalam bidang
studi Matematika antara satu dengan yang lainnya saling terkait, di samping itu
dalam penguasaan pokok bahasan diperlukan dasar yang kuat untuk menyesuaikan
sehingga tujuan pembelajaran tersebut tercapai. Dari hasil observasi, di
Sekolah Dasar Negeri Suruhankidul II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung
tepatnya di kelas III, didapati siswa yang ramai dan bermain dengan teman
sebangkunya ketika guru menyampaikan materi pecahan. Apabila siswa tidak
antusias dalam menerima materi, maka upaya peningkatan prestasi belajar
Matematika sulit untuk diwujudkan. Materi tidak dapat disampaikan sesuai
harapan. Hal ini disebabkan karena siswa tidak menyukai mata pelajaran
tersebut, siswa tidak memahami apa yang dijelaskan oleh guru, dan metode
penyampaian materi yang kurang tepat. Dari permasalahan di atas guru berusaha
memperbaiki metode penyampaian yang kurang tepat dengan teknik pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL).
Bertitik tolak dari alasan yang
telah diuraikan di atas, maka peneliti merasa tertarik untuk meneliti
kebenarannya dengan mengadakan penelitian ilmiah dengan judul “Pembelajaran
Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi
Pecahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suruhankidul II Kecamatan Bandung
Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2007/2008.
Selengkapnya diownload di SINI
0 komentar:
Posting Komentar