ABSTRAK
Kata
Kunci : Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Pendekatan Konstruktivisme
Model NCTM Luas Bangun Datar.
Permasalahan (1) Bagaimana penerapan pembelajaran matematika
dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM pada materi luas bangun datar? (2)
Bagaimana hasil prestasi siswa terhadap
pembelajaran matematika dengan pendekatan Kostruktivisme model NCTM pada materi
luas bangun datar?
Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Sumber data dalam Penelitian Tindakan ini adalah siswa kelas VII A SMP
Muallimin Wonodadi Blitar. Metode pengumpulan data (1) Tes, (2) Tugas, (3)
Wawancara, (4) Observasi, (5) Catatan lapangan. Model analisis data yang
digunakan yaitu model alir (Flow model) yang meliputi (1) reduksi data, (2)
menyajikan data (3) menarik kesimpulan.
Tujuan Penelitian (1) mengetahui penerapan pembelajaran matematika
dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM pada materi luas bangun datar di
kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar (2) Mengetahui hasil prestasi siswa
terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme model
NCTM pada materi luas bangun datar siswa
kelas VII A SMP Muallimin Wonodadi Blitar.
Hasil Penelitian secara empiris menunjukkan bahwa pembelajaran
matematika dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM dapat dilakukan melalui
diskusi secara kelompok maupun individu. Penerapan model NCTM dalam
pembelajaran ini dilakukan sesuai dengan komponen-komponen dari NCTM yaitu :
(1) Tugas, dengan siswa menemukan permasalahan yang nantinya didiskusikan dan
memberikan wacana sesuai dengan ide-ide siswa. (2) Wacana, dengan siswa menjadi
lebih aktif mengemukakan pendapatnya. (3) Lingkungan, untuk membantu siswa
memancing ide-ide supaya dapat berkembang. (4) Analisis, meningkatkan dan
memperluas berpikir serta pemahaman siswa. Selain itu, pembelajaran matematika
dengan pendekatan konstruktivisme model NCTM dapat membantu meningkatkan hasil
prestasi siswa sesuai dengan hasil diskusi dan hasil tes setiap akhir tindakan.
Model NCTM ini merupakan bagian dari konstruktivisme yang
didalamnya juga terdapat metode pemecahan-pemecahan masalah. Sesuai dengan komponen-komponen
NCTM, dengan tugas tersebut siswa dapat menemukan, membangun, dan mengembangkan
wacana dengan ide-idenya untuk menyelesaikan masalah. Sehingga siswa aktif
berkreasi untuk menemukan jawabannya.
Dalam proses pembelajaran, pendekatan kostruktivisme model NCTM
memiliki banyak kelebihannya. Pendekatan konstruktivisme model NCTM dapat
meberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun matematika dalam pikirannya,
dapat melaksanakan, menata mengikuti dan menyelesaikan tugas dengan baik.
Selain itu dengan pendekatan ini akan tercipta suasana yang menyenangkan
karena siswa dapat mengapresiasikan
ide-idenya dalam pembelajarannya. Hal ini akan meningkatkan gairah dan motivasi
siswa untuk lebih rajin belajar. Sedangkan kekurangannya adalah guru dalam
menyiapkan permasalahnya serta referensi dari berbagai sumber.
Dari kelebihan dan kelemahan pendekatan ini, sudah sepatutnya kita
mencoba untuk menerapkan pendekatan ini guna mengembangkan kompetensi yang kita
miliki.
Selengkapnya download DISINI
0 komentar:
Posting Komentar