Pages

Subscribe:

Minggu, 20 November 2016

UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SUDUT DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR AND SHARE) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI KEDOYO II KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Kooperatif Tipe TPS (Think Pair and
                       Share), Pengukuran Sudut

Pengajaran matematika merupakan bagian yang penting dari pendidikan secara keseluruhan, karena dengan pengajaran matematika anak dilatih berfikir seara kritis, kreatif, cermat dan teliti serta bertindak secara logis. Dengan demikian perlu diperhatikan bagaimana cara agar anak didik dapat menyerap materi ajaran matematika semaksimal mungkin. Atas dasar tersebut diadakan penelitian untuk menanamkan konsep seara bermakna, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) dalam pembelajaran matematika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penerapan pendekatan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair and Share) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV semester II SDN Kedoyo II tahun pelajaran 2007/2008?, (2) bagaimanakah penerapan  model pembelajaran tipe TPS (Think Pair and Share) yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV semester II SDN Kedoyo II tahun pelajaran 2007/2008?.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk : (1) mendeskripsikan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair and Share) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV semester II SDN Kedoyo II tahun pelajaran 2007/2008, (2) mendeskripsikan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair and Share) yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV semester II SDN Kedoyo II tahun pelajaran 2007 / 2008.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut : (1) rencana tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan/observasi (4) analisis dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester II SD Negeri Kedoyo II  Kecamatan Sendang, tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan, dan materi yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengukuran sudut. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi untuk guru dan siswa, tes awal dan tes akhir, serta wawancara mengenai pendapat siswa tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share). 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I termasuk katagori baik, untuk pertemuan pertama yaitu 55,77% dan pada pertemuan kedua yaitu 65,38%, dengan rata-rata pada siklus I adalah 60,58% yang dikatagorikan baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I, untuk pertemuan pertama yaitu 78,85% dan pada pertemuan kedua yaitu 80,77% dengan rata-rata pada siklus II adalah 82,69% yang dikatagorikan sangat baik. Dan ketuntasan belajar siswa juga meningkat sebesar 10,72% pada siklus I dan 21,42% pada siklus II.
Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan motivasi siswa adalah pada tahap awal peneliti memberitahukan tujuan dan langkah-langkah pembelajaran serta memberi motivasi pada siswa, pada tahap inti peneliti memberitahu inti dari materi dan mengajak siswa untuk berpikir bersama-sama, menyuruh siswa mengerjakan tugas seara individu, berpasangan dengan teman sebalah, dan berbagi dengan teman satu kelompok, pada tahap akhir peneliti membimbing siswa untuk menarik kesimpulan bersama-sama.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) perlu terus dilakukan, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Materi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini hanya terbatas pada materi pengukuran sudut, sehingga bagi peneliti yang ingin meneliti dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) dapat mengembangkannya dengan mencobanya pada materi yang lebih luas.

Selengkapnya download DISINI

0 komentar:

Posting Komentar