Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Kooperatif Tipe TPS (Think Pair and
Share),
Pengukuran Sudut
Pengajaran
matematika merupakan bagian yang penting dari pendidikan secara keseluruhan,
karena dengan pengajaran matematika anak dilatih berfikir seara kritis,
kreatif, cermat dan teliti serta bertindak secara logis. Dengan demikian perlu
diperhatikan bagaimana cara agar anak didik dapat menyerap materi ajaran
matematika semaksimal mungkin. Atas dasar tersebut diadakan penelitian untuk
menanamkan konsep seara bermakna, salah satunya dengan menggunakan metode
pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think
Pair and Share) dalam pembelajaran matematika.
Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penerapan pendekatan model
pembelajaran tipe TPS (Think Pair and
Share) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV semester II
SDN Kedoyo II tahun pelajaran 2007/2008?, (2) bagaimanakah penerapan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair and Share) yang dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV semester II SDN Kedoyo II tahun
pelajaran 2007/2008?.
Penelitian ini
dilaksanakan dengan tujuan untuk : (1) mendeskripsikan model pembelajaran tipe
TPS (Think Pair and Share) yang dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV semester II SDN Kedoyo II tahun
pelajaran 2007/2008, (2) mendeskripsikan model pembelajaran tipe
TPS (Think Pair and Share) yang dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV semester II SDN Kedoyo II tahun
pelajaran 2007 / 2008.
Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan
rancangan penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus mengikuti
tahapan-tahapan sebagai berikut : (1) rencana tindakan (2) pelaksanaan tindakan
(3) pengamatan/observasi (4) analisis dan refleksi.
Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV semester II SD Negeri Kedoyo II Kecamatan Sendang, tahun pelajaran 2007/2008
yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan,
dan materi yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengukuran sudut. Sedangkan
instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi untuk guru dan
siswa, tes awal dan tes akhir, serta wawancara mengenai pendapat siswa tentang
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I termasuk katagori
baik, untuk pertemuan pertama yaitu 55,77% dan pada pertemuan kedua yaitu
65,38%, dengan rata-rata pada siklus I adalah 60,58% yang dikatagorikan baik.
Pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I, untuk pertemuan pertama yaitu
78,85% dan pada pertemuan kedua yaitu 80,77% dengan rata-rata pada siklus II
adalah 82,69% yang dikatagorikan sangat baik. Dan ketuntasan belajar siswa juga
meningkat sebesar 10,72% pada siklus I dan 21,42% pada siklus II.
Model pembelajaran
kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share)
yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan motivasi siswa adalah pada tahap
awal peneliti memberitahukan tujuan dan langkah-langkah pembelajaran serta
memberi motivasi pada siswa, pada tahap inti peneliti memberitahu inti dari
materi dan mengajak siswa untuk berpikir bersama-sama, menyuruh siswa
mengerjakan tugas seara individu, berpasangan dengan teman sebalah, dan berbagi
dengan teman satu kelompok, pada tahap akhir peneliti membimbing siswa untuk
menarik kesimpulan bersama-sama.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) perlu terus
dilakukan, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
siswa. Materi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini hanya terbatas pada
materi pengukuran sudut, sehingga bagi peneliti yang ingin meneliti dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) dapat mengembangkannya dengan mencobanya pada
materi yang lebih luas.
Selengkapnya download DISINI
0 komentar:
Posting Komentar