Pages

Subscribe:

Kamis, 03 November 2016

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas VIII A SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung

Materi bangun ruang sisi lengkung merupakan materi yang tergolong sulit. Untuk memahaminya perlu menggunakan model pembelajaran yang sesuai, yang dapat memacu aktivitas belajar siswa sehingga nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, misalnya dengan pembelajaran koperatif. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tipe, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, siswa dilatih untuk bekerjasama, mampu berinteraksi, serta memiliki tanggungjawab tidak hanya terhadap dirinya sendiri, melainkan juga tanggung jawab terhadap kelompok.
            Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model  pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII A SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2007/2008?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII A SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2007/2008.
            Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Durenan Trenggalek pada bulan April-Mei 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  dengan menggunakan tiga siklus tindakan. Setiap siklus meliputi rencana tindakan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 40 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Proses pembelajaran berlangsung dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan angket. Ketuntasan belajar siswa dicapai bila siswa memperoleh nilai 65 atau lebih.
            Hasil penelitian yaitu: 1) pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,5%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 72,5 %, dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 82,5 %. Dari hasil peningkatan ketuntasan belajar siswa tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung, 2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya yaitu siklus I terhitung persentase sebesar 66,7 %, siklus II menjadi 73,6 %, dan siklus III meningkat menjadi 80,6 %.
            Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII A SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2007/2008.
Saran-saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) hendaknya selalu memberi strategi baru dalam pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat, 2) guru disarankan agar melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk lebh mengenal secara mendalam permasalahan dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Selengkapnya download di SINI

0 komentar:

Posting Komentar