Materi bangun ruang sisi lengkung merupakan
materi yang tergolong sulit. Untuk memahaminya perlu menggunakan model
pembelajaran yang sesuai, yang dapat memacu aktivitas belajar siswa sehingga
nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, misalnya dengan
pembelajaran koperatif. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tipe, salah
satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Melalui pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw, siswa dilatih untuk bekerjasama, mampu berinteraksi,
serta memiliki tanggungjawab tidak hanya terhadap dirinya sendiri, melainkan
juga tanggung jawab terhadap kelompok.
Rumusan
masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dapat
meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung
siswa kelas VIII A SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2007/2008?”.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada
pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII A SMP Islam Durenan
Trenggalek Tahun Pelajaran 2007/2008.
Penelitian
ini dilaksanakan di SMP Islam Durenan Trenggalek pada bulan April-Mei 2008.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus tindakan.
Setiap siklus meliputi rencana tindakan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas
VIII A dengan jumlah 40 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 24 siswa
perempuan. Proses pembelajaran berlangsung dengan mengikuti langkah-langkah
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode pengumpulan data menggunakan tes,
observasi, wawancara, dan angket. Ketuntasan belajar siswa dicapai bila siswa
memperoleh nilai 65 atau lebih.
Hasil
penelitian yaitu: 1) pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,5%,
kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 72,5 %, dan
meningkat lagi pada siklus III sebesar 82,5 %. Dari hasil peningkatan
ketuntasan belajar siswa tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi
belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung, 2) aktivitas
belajar siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya yaitu siklus I
terhitung persentase sebesar 66,7 %, siklus II menjadi 73,6 %, dan siklus III
meningkat menjadi 80,6 %.
Kesimpulan
dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi
lengkung siswa kelas VIII A SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran
2007/2008.
Saran-saran yang dapat diajukan dalam penelitian
ini adalah: 1) hendaknya selalu memberi strategi baru dalam pembelajaran untuk
menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat
meningkat, 2) guru disarankan agar melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk
lebh mengenal secara mendalam permasalahan dalam proses pembelajaran dalam
rangka meningkatkan mutu pendidikan.Selengkapnya download di SINI
0 komentar:
Posting Komentar