ABSTRAK
Kata Kunci : Teori Bruner,
Operasi Hitung Bilangan Bulat
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh
adanya siswa yang masih kurang memahami konsep operasi hitung bilangan
bulat khususnya penjumlahan dan pengurangan. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman
siswa peneliti menerapkan sebuah
teori belajar dari Jerome S Bruner (Teori Bruner) dengan menerapkan tiga tahap pembelajaran yaitu enaktif (konkret), ikonik (semi konkret), dan simbolik (abstrak). Penelitian ini
dilaksanakan di kelas V Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul
Mubtadi’in Pakel Ngantru Tulungagung.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
implementasi Teori Bruner sebagai upaya pemahaman siswa terhadap materi operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat? (2) Bagaimana pemahaman siswa terhadap materi
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui implementasi Teori
Bruner? (3) Bagaimana
hasil yang dicapai berdasarkan pemahaman siswa terhadap materi operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui implementasi Teori Bruner?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan
skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan konsep pembelajaran operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui implementasi Teori Bruner
sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in
Pakel Ngantru Tulungagung (2) Untuk mengetahui pemahaman siswa kelas V MI
Hidayatul Mubtadi’in Pakel Ngantru Tulungagung terhadap materi operasi
penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat melalui implementasi Teori
Bruner (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai berdasarkan pemahaman siswa
kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Pakel Ngantru Tulungagung terhadap materi
operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat melalui implementasi
Teori Bruner.
Skripsi ini bermanfaat bagi penulis
untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya
peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Memberi pengalaman dan alternatif lain bagi guru matematika yang terlibat dalam penelitian ini
baik dari segi teoritis maupun dari pelaksanaan pembelajarannya. Bagi
Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in Pakel Ngantru Tulungagung, sebagai
sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran.
Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi dalam melakukan
penelitian yang lebih lanjut.
Dalam
penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara,
observasi dan catatan lapangan. Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang
konsep materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat disusun
dua siklus rencana pembelajaran, yaitu (1) Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat melalui implementasi teori bruner dengan tahap
penyajian enaktif dan ikonik (2) Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat melalui implementasi teori bruner dengan tahap
penyajian simbolik. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2)
menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data.
Hasil
penelitian, (1) Pada tahap enaktif siswa menyelesaikan operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan alat peraga secara
langsung, pada pembelajaran tahap ikonik siswa menyelesaikan operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui media gambar, dan pada
pembelajaran tahap simbolik menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat melalui simbol-simbol matematika secara langsung (2)
Pembelajaran konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui
implementasi Teori Bruner mendapat respon yang sangat positif dari siswa,
menurut mereka pembelajaran dengan implementasi Teori Bruner sangat menarik dan
mudah dipahami (3) Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran melalui Teori Bruner lebih dapat memahamkan siswa terhadap materi
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, dengan keseluruhan siswa
mampu mencapai batas ketuntasan belajar nilai 60 tanpa melalui pembelajaran
remedial.
Selengkapnya download DISINI
0 komentar:
Posting Komentar